2012/09/23

cara menghemat listrik pada lampu

Begitu sering dalam rumah kita menyalakan lampu. Kadang disaat kita tidur, ada juga yang masih menyalakan lampu. Bahkan ada pula yang di dalam kamar tidurnya ada beraneka ragam lampu.
Dari penggunaan lampu yang begitu sering itu, meski hanya menggunakan daya kecil akan tetapi kalau jumlahnya banyak, namanya itu sudah bukan kecil lagi. Benar bukan?

Dari konsumsi listrik pada lampu yang ada di rumah kita yang begitu banyak dan sering digunakan, maka akan menghasilkan atau hasilnya adalah kita mendapat tagihan listrik yang menjadi lebih mahal. Lalu, bagaimana caranya kita agar tidak mengeluarkan biaya banyak akan tetapi tidak mengurangi jumlah atau pemakaian penerangan (lampu) dalam rumah kita?

Dari pertanyaan diatas, kita sebenarnya bisa membuat lampu pada rumah kita tidak dikurangi fungsi atau jumlahnya dan kita pun juga bisa sedikit mengirit biaya dengan cara memasang suatu komponen pada terminal lampu kita. Komponen apa itu? sebenarnya ini adalah komponen yang sering kita jumpai dan begitu mudah serta murah harganya, yaitucukup kita beri kapasitor. Kalau temen-temen tidak tahu apa itu kapasitor, tanya saja ke bakul/ penjual/orang yang berdagang di toko elektronik.

No comments:

Post a Comment

silahkan berkomentar